Senin, 25 April 2016

Pengertian Metadata & contoh metadata

Standard
Tugas SoftSkill (Pengantar Web Science)

Pengertian Metadata & contoh metadata

Pengertian Metadata ?

   Metadata adalah informasi yang membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan, menggunakan, atau mengelola resource (sumber daya) atau objek. Secara definisi, metadata sebenarnya adalah “data tentang data.”

Metadata berisi berbagai informasi dan dapat dipecah menjadi tiga jenis utama: metadata deskriptif, metadata struktural, dan metadata administratif.
Metadata Deskriptif

Metadata deskriptif berisi informasi atau kata kunci yang menjelaskan resource dan membantu Anda menemukan resource dalam suatu sistem. Sebuah katalog buku adalah contoh dari metadata deskriptif.
Katalog buku umumnya berisi informasi seperti nomor buku, tema, judul, dan penulis yang dapat Anda gunakan untuk mencari buku-buku tertentu di perpustakaan. Metadata deskriptif juga biasa digunakan untuk membuat halaman web.Metadata deskriptif pada halaman web akan berisi informasi seperti kata kunci, deskripsi, set karakter, bahasa, dan bagaimana Anda ingin spider mesin pencari mengindeks halaman web.

Metadata Struktural
   

Metadata struktural menggambarkan struktur obyek yang bisa terdiri atas tabel dan kolom dalam database, daftar lagu pada CD, atau halaman dalam sebuah buku. Metadata strukrutal membantu pengguna mengeksplorasi resource menggunakan indeks dan bahkan menggambarkan bagaimana beberapa objek berhubungan dengan yang lain, seperti urutan file. Metadata struktural dapat mengandung informasi tambahan termasuk batas-batas logis, posisi dalam memori, dan bahkan menjelaskan bagaimana dan mengapa sebuah objek digunakan.

Metadata Administratif
    Metadata administratif membantu pemakai mengelola resource dan menyediakan informasi seperti jenis file, tanggal pembuatan, kontrol kualitas, dan frekuensi penggunaan. Jenis metadata ini digunakan untuk merekam informasi jangka pendek dan jangka panjang tentang kumpulan data. Sebagai contoh, metadata administratif tentang monitor komputer akan berisi ukuran monitor, model, resolusi, warna, cahaya, dan kebutuhan daya listrik. 

     Kegunaan Semua jenis metadata memiliki struktur yang menggambarkan resource, menjelaskan tujuan, atau menceri letaknya pada sebuah sistem milik Anda.Metadata memastikan bahwa resource tetap bisa diakses dan informasi yang relevan tersedia ketika Anda membutuhkannya. Namun, Anda tidak perlu menciptakan semua tiga jenis metadata untuk setiap resource. Sebagai contoh, jika Anda hendak membuat diagram alur untuk menciptakan sebuah program perangkat lunak, memasukkan metadata struktural dan administratif mungkin sudah mencukupi.


   disini saya akan mengambil sebuah webscience dengan ilmu biology yang telah saya cari metadatanya sebelumnya 


inilah hasil dari metadatanya :


3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk penjelasan mengenai pengertian metadata dan contoh metadata, di postingan ini saya dapat menambah pengetahuan tentang metadata itu apa.
    saya dari kampus ISB Atma Luhur kunjungi juga web kampus saya ya

    BalasHapus
  3. Terimakasih kakak atas artikelnya bermanfaat sekali semoga saya bisa menerapkan ilmunya dan bisa saling berbagi.O iya perkenalkan nama saya Deta Ekabrahma, dan nim saya 15115000070 dari kampus ISB Atma Luhur

    BalasHapus