Senin, 20 Oktober 2014

cari laptop buat mahasiswa baca sini dulu

Standard
Memasuki Tahun ajaran baru di Tahun 2014 ini bagi mahasiswa baru atau anak kuliah kebutuhan laptop atau notebook sangatlah penting untuk mendukung kegiatan kuliah seperti untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, presentasi di kampus, seminar kampus. Dalam memilih laptop untuk kuliah atau mahasiswa tentu membutuhkan berbagai pertimbangan agar laptop atau notebook yang dibeli bisa bermanfaat secara maksimal dan jangan sampai laptop atau notebook baru yang telah Anda beli menjadi sia-sia karena tidak mampu mendukung kegiatan perkuliahan Anda. Bagi mahasiswa dalam memilih laptop untuk kuliah selain harga laptop atau notebook yang murah tentu jurusan / program studi yang Anda ambil sangatlah penting dijadikan pertimbangan sebelum membeli laptop dan notebook untuk mendukung perkuliahan Anda. Beberapa tips dalam memilih laptop untuk kuliah atau mahasiswa dengan budget terbatas dapat Anda baca dibawah ini :
memilih notebook untuk mahasiswa dan pelajar terbaru
Processor sangatlah penting untuk mendukung kemampuan memproses aplikasi yang digunakan, untuk jurusan Teknik Informatika/komputer minimum core i3 agar berbagai aplikasi seperti netbeens yang merupakan aplikasi IDE untuk Java, microsoft visual studio dan lain-lain dapat berjalan dengan baik. Selain itu kebutuhan virtualisasi sangat penting bagi jurusan teknik informatika atau komputer, untuk keperluan virtualisasi bisa menggunakan opensource seperti virtual box. Dengan virtualisasi ini kita bisa melakukan testing aplikasi client-server, web base dan lain-lain hanya dalam satu laptop sehingga cukup praktis untuk pengujian. Sedangkan untuk jurusan non teknikal bisa mempertimbangkan notebook atau laptop dengan processor yang lebih rendah.
Memory, saat ini laptop atau notebook dengan harga 3 jutaan sudah dilengkapi dengan memory sebesar 2 GB dan ini sudah cukup untuk mendukung kuliah Anda bahkan untuk virtualisasi komputer sudah cukup karena untuk laptop dengan RAM 2 GB saya biasa menguji beberapa project secara sederhana dalam komputer virtual hanya dalam satu laptop. Sehingga untuk laptop / notebook dengan RAM 2 GB sudah cukup untuk semua jurusan/program studi yang Anda ambil.
Hardisk, untuk laptop dengan hardisk 500 GB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file tugas kuliah Anda dan saat ini laptop dengan harga 3 jutaan sd 4 juta sebagian besar sudah dilengkapi harddisk 500 GB, sedangkan untuk backup data Anda bisa memanfaatkan cloud yang tersedia secara gratis seperti google drive, box, dropbox dan lainnya sehingga bisa dijadikan media backup meskipun demikian tidak saya sarankan untuk menyimpan file-file yang bersifat sensitif.
Optical Drive/DVD Read Write, Beberapa notebook dan netbook sebagai tidak dilengkapi dengan DVD Read Write hal ini bersifat optional yang artinya mempunyai kelebihan dan kekurangan dengan ada atau tidaknya DVD Internal ini, tanpa DVD berarti jika ada tugas dosen yang mengharuskan tugas harus dikasih dalam bentuk CD/DVD Anda akan kerepotan tetapi keuntungan  mempunyai notebook tanpa DVD beratnya lebih ringan sehingga enak dibawa kemana-mana, terlebih jika anak kuliahan tentu kebutuhan notebook atau laptop yang ringan dan murah sangat penting. Sebagai solusi Anda bisa membeli DVD eksternal secara patungan entah di Himpunan atau di kelas bahkan patungan dengan teman dekat Anda, sehingga biaya lebih ringan.
Garansi, selain mencari laptop dan notebook yang murah dan bergaransi lama usahakan notebook yang dibeli harus bandel juga. Meskipun bergaransi panjang belum tentu bandel, jika laptop terlalu sering nginep di service center tentu membuat Anda kerepotan sendiri.
Hal-hal diatas adalah tips dalam memilih laptop untuk kuliah atau mahasiswa untuk menghadapi tahun ajaran baru tahun 2014, sebelum Anda memutuskan membeli laptop untuk kuliah. Selamat mengikuti perkuliahan di kampus baru dan sukses selalu. Dapatkan diskon laptop terbaru di situs belanja online murah dan terpercaya www.moklik.com.

0 komentar:

Posting Komentar