Rabu, 17 April 2013

modivikasi

Standard

Hoaahhhmmm  ,  selamat  pagi  mas bro  !  :D    ,  telah sejak lama mas bro pengujung warung ini  menanyakan   estimasi  &  berapa  to  biaya   untuk  memodifikasi  bebek  menjadi  trail  /  supermoto?  ,  yowis  ini  dia  detail  &  biayanya
karisma supermoto
karena  goal dari  project  ini  adalah  ” daripada motornya  nganggur,  daripada  si karisma 125  ga  kepakai  di  gudang ”  ,  maka  perpaduan  pemakaian  part  menggunakan   beberapa  asesoris  &  part  yang  telah  terpasang sebelumnya  di padu  dengan  part  yang  telah  saya  masukkan  dalam  list  daftar  belanjaan  :D
charge  riris
sektor  kemudi  kebetulan  ngidam  stan original yamaha  byson   yang  baplang  &  nyaman  ,  nah  ini  kebetulan  dapet  Hibah  dari komentator lama  mas bro ”Kids”  gara2  vixionnya  saya  bengkelin ,   yang sekarang  jadi  tetangga  saya  :mrgreen:   agak bengkok dikit namanya juga bekas  :lol: ,  sementara  spion  ori  CS1  menyempurnakan pengintipan  pandangan  ke arah belakang ,  handle  gas  handle brake  &  kopling  ori  komplit punya  Mega pro
Karisma 125  supermoto
body set , bisa didapatkan banyak d dapat  di  toko  variasi   (  ekor   , R/L  cover  body belang,  shroud R/ L  ,  jok  ,  tangki plastik  , spetbor depan  memakai  body  variasi  KLX / D tracker 150   bahan  plastik  thailand )  ,  rear  fender  /   spetbor  belakang  ori  second   KLX 150 komplit dengan stop lamp  muahal kalau  yang ini  cari  second  nya  mana  susah  lagi  !    , sementara  lampu  sein   belanja  secara  terpisah  100ribuan  / pcs
wpid-1344461459-picsay.jpg
proses  paling  ribet  &  lama  &  juga  memakan biaya  paling banyak adalah  rancang bangun  Frame  / rangka  ,  body work &  painting  ,   dengan  memotong   total  frame  tulang  belakang   hingga  tinggal  rangka  tengah  pertemuan  dengan   engine  mounting  ,   rangka   under bone  di perkuat  dengan  pipa  tambahan ,  awalnya  mau  di bikin frame   model  sport  ,  tapi  diperkirakan dengan  hanya  mengusung  mesin  yang  kecil  ,  diurungkan  niat  karena   akan  membuat  bobot  semakin  berat!
IMG_2114
shock  telescopic  depan  dapat  second  ori  Mega pro  komplit  dengan  segitiga fork  ,   tromol  ,  disc brake  &  caliper-master  brake  ,    bagian   yang oranye  menyerupai  teralis  itu  adalah  pemanis  kamuflase untuk menutup  kekosongan  pertemuan  body  dengan  sayap  shroud ! :mrgreen:   namun  ada  fungsinya  yaitu  ketika  motor  terjatuh  frame  segitiga  oranye  tersebut berfungsi  menjadi frame  slider  melindungi  body  plastik :cool:
IMG_2115
sementara saat  Trial  pertama  ,  dirasakan  sudut Rake  kemudi  terlalu  selonjoran  karena  masih mempertahankan  rumah komstir dengan  posisi  rangka  bebek  ,   agar  serasi &  nyaman  saat  bermanufer  ,  maka  rumah  komstor  akhirnya  di  potong  dari  rangka  nya  ,   kemudian  di  Las  ulang  dengan  posisi  sudut  rake  yang  agak  tegak  !  ,  hasilnya  semakin  gagah  &  rebound suspensi depan  semakin  empuk  :D   ,  tabung telescopic  di  perpanjang  sekitar  5cm  dengan membuat  tabung  bubutan  yang  di  sambung ke  ulir
IMG_2116
swing  Arm   hand made  dengan  material  swing Arm  original  yamaha  old Vega /  force  1    ,   kemudian  dibuatkan  dudukan  monoshock   serta  ditambah  stabilizer penguat  dengan  pipa galvanis  ,  wheel base swing arm aslinya  juga  diperpanjang  agar  muat  dimasuki  Ban  ring  17  dengan   profil  lebar  ,  mono  shock menggunakan  YSS  , rebound nya  mantaB
super moto
head lamp  juga  memakai  KLX  namun  spull  penerangan si  karisma  ini  sudah  agak  soak  jadi  kalau  Rpm  rendah  nyala  lampu  kurang  terang  ,  maka  saya  tambah  1  unit  Luxeon 10 watt  di  sebelah  spetbor depan  ,  cukuop  terang  untuk  riding  malam  hari :D ,  karet  pelindung  telescopic  dipasang  untuk  melindungi dari  debu  &  lumpur ,  cover  telescopic  putih  juga  sebagai  pemanis ,  ban  depan   90/80 -17  ,  ban  belakang  simpanan lama  120/70 – 17
IMG_4580 - Copy
velg  masih  mengandalkan  barang  simpanan lama  ,  V rossi  italy  yang  masih  kokoh  sampai sekarang  dan  sudah  tidak  beredar  di  pasaran  :cool:   oiya itu  di  sektor  buntut ada  handle  grip  yang  mirip  panggangan  sate  :mrgreen:    selain  untuk  mengankat body motor  saat  parkir  juga  bisa  mengikat  barang bawaan  ,  hand made buatan  purwakarta  :D
slide supermoto
tromol  belakang  bawaan  ori  karisma 125  yang di  buatkan  hub  dudukan  cakram  serta  disc  original  satria  120 R  yang  di  baut  ke  tromol  asli  ,  kaliper  &  master  dengan  Nissin  KW  ,  cukup  menggigit  untuk  sekedar hard brake !
knalpot  menggunakan  muffler simpanan  lama  saja  daripada  ga  kepakai  :mrgreen:   . Nob1  triovale  dengan custom  header pipe  menyesuaikan  konstruksi  yang  baru  ,   awalnya  header pipa  mau  di buat  style  cross  melintang  diatas  block  mesin  ,  namun gagal  karena  mentok  dengan  dudukan  kopling  manual  ,  yo  wis  ga apa apa  lewat  bawah crank case  :D
CBR  & supermoto
ini  dia  daftar  belanjaan  tambahan  hingga  menyulap  bebek  menjadi  supermoto :arrow:
1.Ban 90/80                                                                               Rp  150.000,-
2.telescopic 2nd  +tromoldisck brake set                     Rp.1000.000,-
3. jeruji + stel velg   1wheel                                                 Rp 70.000.-
4.spetbor KLX 2nd   + stop lamp                                       Rp 350.000,-
5.body KLX  set  + tangki & jok                                          Rp 750.000,-
6.head lamp  2 x buy                                                             Rp 180.000,-
7.sein belakng  KLX  1 pcs                                                   Rp 100.000,-
8.bracket hand grip belakang                                            Rp 125.000,-
9.spetbor depan                                                                      Rp  75.000,-
10.swing arm  old yamaha Vega custom                     Rp  150.000,-
11. spion  honda CS 1                                                             Rp  75.000,-
12 mono shock  YSS                                                             Rp  360.000,-
13.rumah  kopling + kampas kopling                           Rp  430.000,-
14.luxeon                                                                              Rp   200-220rb,-
15.karet  shock                                                                      Rp 70.000 ,-
16.cover shock                                                                       Rp 50.000,-
17.footstep   FU                                                                     Rp80.000,-
18.footstep  depan cross                                                    Rp 70.000,-
19.bubut  perpanjang  shock                                            Rp.100.000,-
20.Rantai + gear sprocket                                                 Rp.140.000,-
21.kabel gas Win                                                                     Rp.20.000,-
22.Filter koso                                                                           Rp 150.000,-
23.As roda  Vega                                                                     Rp 35.000,-
24.bearing bearing roda                                                      Rp.60.000,-
25.Aki kering                                                                            Rp.120.000,-
26. body work , welding & painting                                Rp.1.600.000,-
Total                       + ———————
Rp 6.530.000,-
IMG_4505 - Copy
oke  sementara  project   restorasi  si Riris  supermoto  menelan  Biaya  Rp  6.530.000,-     hmmmmm  puas  sich  daripada  beli  motor  baru!   ini itu tinggal  tunjuk sesuai selera  &  kemauan hati  :mrgreen:    ,  Pengen refresh tapi  Ga pengen  Motor  baru ???   ikutan aja  riwayat yang ditempuh si Riris  :cool:
special thanks  to  the  Builder  &  old  comentator  ,   kang  ” Yahonsuwakanja”  :mrgreen:
salam from warung DOHC  , Wassalamu’alaykum

0 komentar:

Posting Komentar