Kamis, 01 Januari 2015

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Standard

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)


Ga jarang gue nemuin laptop yang kagak bisa konek wifi. Biasanya, di toolbar ditandain dengan wifi yang bertanda silang merah. Biasanya sih, hal itu disebabkan dengan peng-installan windows 7 yang illegal. Hayo lohh ketauaaan...

Walaupun ada wi-fi di daerah yang lagi kalian tempatin, tetep aja gak kedeteksi. Mungkin diantara kalian pernah ngalamin yang kayak gini? Gue juga pernah. Dan sebagai seorang blogger pecinta wifi, itu tuh rasanya menyiksa banget.. Hiks :( Tapi alhamdulillah sekarang udah bisa :D


Udah banyak laptop-laptop temen gue yang bermasalah dengan wifi, dan alhamdulillah bisa gue benerin. Dan sebagai blogger yang baik, gue pingin sharing ke kalian semua :D

Kalo laptop lo atau temen lo kayak gini juga, ikutin aja tips gue. Insya Allah jadi bener :D Caranya gampang kok, akurat 100% kalo ngikutin dengan bener.. So, ini dia caranya:

1. Mungkin tombol wireless lo doang yang belum on. Untuk nge-cek udah on apa belum, klikControl Panel. Habis itu, di pojok kanan kan ada tulisan "view by: Category", nah Category-nya diganti sama Large icon, atau Small icon, mau pilih yang mana aja terserah, sama aja kok. Cuman ukurannya aja yang lebih kecil, kalo  lo milih yang Small icon.
Asalnya Gini
Jadi gini deh. Klik "Windows Mobility Center"
Nah habis itu klik "Windows Mobility Center" di bagian bawah. Nanti bakal keliatan, wireless nya udah on apa belum. Kalo masih off, cara biar bisa on yaitu dengan klik tombol di laptop yang ada gambar sinyal-sinyal gitu. Di jajaran F1,F2,F3 dst. Tapi ada juga sih laptop yang tombol wirelessnya bukan di keyboard. Kalo gitu, cari aja di samping, atau dimana gitu, pasti ada kok :) Kalo mau tau laptop lo harusnya pencet yang mana, cari aja disini.

Wireless nya belum on tuh...
Biasanya tombol wireless tuh kayak gini.
Man, gue kok pas klik windows mobility center, gak ada pemberitahuan wirelessnya, sih?

Nah, yang ini beda lagi caranya. Biasanya, ini dikarenakan oleh driver yang belum di install. Kalo gini, gimana cara nge-installnya?

Pertama, cek dulu. Apakah driver-nya bener-bener belum diinstal? Cara nge cek nya adalah dengan cara ke windows exproler. Klik Computer >klik kanan, Klik Properties.

Kalo udah muncul, Klik Device Manager di sebelah kiri. Dan klik tanda panah kecil yang ada di samping "Other Devices". Ada yang tanda seru kuning gitu kan? Nah, kalo gitu bener. Driver-nya belum di install.


Terus gimana cara instalnya??

Cara installnya gini:

1. Download dulu software "Driver Identifier". Cari aja di google, softwarenya free kok :)
2. Habis di download, buka softwarenya.


3. Inget ya, softwarenya harus di gunain di laptop yang ingin dibenerin wifi nya. Jangan malah di laptop yang lain -_-. Udah gitu, langsung aja klik Scan driver kalo lo lagi tersambung sama internet.
Kalo ngga, centang dulu kotak putih kecil di sebelah tulisan "I do not have internet connection". Baru klik tombol Scan Driver-nya. Udah gitu tungguin deh~

Kalo udah, ntar keluar browser yang nunjukin hasil cek driver kita tadi. Driver yang lain paling udah Good sama disuruh Update doang. Driver internetnya masih harus di download kan? Kalo gitu langsung klik download aja.

Download aja semua yang harus di download.
Dan pilih sesuai PC yang lagi kalian pake. Kalo lo pake ASUS, yaudah klik yang logo nya ASUS. Lebih dari satu? Bingung milih yang mana? Yang mana aja boleh kok, asal PC lo sesuai sama spesifikasinya :)

4. Nah, kalo udah di download, langsung di install aja driver nya. Restart PC lo kalo misalnya disuruh.

Dan... Wi-Fi pun bisa terdeteksi kembali! :D


Masih gak bisa? Kembali ke awal.. Mungkin tombol wireless nya yang belum lo aktifin :)

Sekian tips dari gue, semoga bermanfaat ya.. Kalo misalnya mau nanya atau apaaa gitu, tinggal tulis aja di comment box yang ada di bawah ini.. Selamat menikmati wifi gratiiiss, wahai kalian para pecinta wifi!! =)

By : http://www.aimanimtihanah.com/2013/12/cara-mengatasi-pc-yang-tidak-bisa.html

7 komentar: