Minggu, 08 Mei 2016

3.3 kelebihan dan kelemahan vclass

Standard



APA ITU V-CLASS??
V-Class adalah sistem pembelajaran/perkuliahan dimana dosen dan mahasiswa tidak langsung bertatap muka (ruang kelas), melainkan melalui media internet. Aktivitas ini dimaksudkan untuk melengkapi “blended learning” yang memadukan dan menyelaraskan antara metode pembelajaran “face to face” di kelas dengan pembelajaran menggunakan media elektronik secara online.

TUJUAN
V-Class dibuat bukan semata-mata dosen malas mengajar di kelas. Melainkan untuk menunjang berlangsungnya proses belajar mengajar sesuai dengan SAP yang dibuat. Selain itu, mahasiswa belajar untuk memanfaatkan perkembangan IPTEK yang ada.

PERKEMBANGAN
SEjauh ini v-class diadakan untuk dosen yang berhalangan hadir di kelas. Dan biasanya dosen diberikan jatah 3 kali melaksanakan V-Class tiap semesternya. V-Class sendiri memiliki tampilan yang semakin menarik, segingga mahasiswa tidak mudah bosan.

CARA MENGGUNAKAN
1. Sebelum menggunakannya kita terlebih dahulu terdaftar sebagai mahasiswa universitas gunadarma. Lalu login pada kolom yang ada disamping kanan.


2. Isikan pada kolom Nama Penggunan sesuai dengan username akun studentsite anda. Kemudian isi Password yang sesuai dengan password studentsite anda. Apabila lupa password bisa mengklik 'LOST PASSWORD'.





3. Apabila tidak bisa login, dalam kolom informasi terdapat tata cara melaporkan kalau akun yang anda gunakan tidak dapat login.

4. Setelah login silahkan pilih jenjang jurusan anda. Lalu untuk memudahkan mencari materi kelas anda, silahkan gunakan search engine untuk mencari materi kelas anda.
5. Lalu pilih mata kuliah yang ada v-classnya. Pada saat mengerjakan v-class terbagi atas 3 bagian yaitu : Materi, Quiz, Forum. Kerjakan sesuai instruksi yang diberikan.

   ·      Materi : Berisikan materi pelajaran yang akan kita pelajari pada v-class yang kita ikuti.

   ·      Quiz : Berisikan serangkaian latihan-latihan mengenai materi yang dipelajari pada pertemuan tersebut.

   ·      Forum : Berisikan hal-hal yang akan kita bahas bersama dosen dan teman-teman sekelas kita yang lainnya dan bahkan terkadang berisikan tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh mahasiswa.   


6. Dan jangan lupa dengan deadline jadwal v-class yang akan anda ikuti. Bisa juga dilihat pada kalender yang ada di kolom samping kiri.
Kelebihan V-Class  :

  • Mahasiswa dituntut mandiri. 
  • Sangat efisien(dari segi jarak dan waktu). 
  • Diberi tegang waktu yang cukup lama ntuk menyelesaikan tugas.  
  • Dapat memperoleh materi hanya dengan mendownload tanpa harus bertemu langsung dengan dosen. 
  • Disini juga ada seksi tanya jawab dengan dosen dan juga soal test yang harus dijawab untuk menambah nilai mahasiswa

Kekurangan V-Class  :

  • Mahasiswa tidak bisa bertanya bila materi susah untuk dimengerti
  • Bisa ditambahkan video call untuk setiap diskusi agar bisa bertatap muka dengan dosen
  • sering terjadinya eror saat login
      

2 komentar:

  1. Di satu sisi sistem teknologi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jika mahasiswa mengalami kesulitan akan kesulitan memahami materi yang dipelajari. Berbeda dengan sistem "face to face", dimana mahasiswa akan bertanya kepada dosen apabila mengalami kesulitan.

    BalasHapus