Hoaahhhmmm , selamat pagi mas bro ! , telah sejak lama mas bro pengujung warung ini menanyakan estimasi & berapa to biaya untuk memodifikasi bebek menjadi trail / supermoto? , yowis ini dia detail & biayanya
karena goal dari project ini adalah ” daripada motornya nganggur, daripada si karisma 125 ga kepakai di gudang ” , maka perpaduan pemakaian part menggunakan beberapa asesoris & part yang telah terpasang sebelumnya di padu dengan part yang telah saya masukkan dalam list daftar belanjaan
sektor kemudi kebetulan ngidam stan original yamaha byson yang baplang & nyaman , nah ini kebetulan dapet Hibah dari komentator lama mas bro ”Kids” gara2 vixionnya saya bengkelin , yang sekarang jadi tetangga saya agak bengkok dikit namanya juga bekas , sementara spion ori CS1 menyempurnakan pengintipan pandangan ke arah belakang , handle gas handle brake & kopling ori komplit punya Mega pro
body set , bisa didapatkan banyak d dapat di toko variasi ( ekor , R/L cover body belang, shroud R/ L , jok , tangki plastik , spetbor depan memakai body variasi KLX / D tracker 150 bahan plastik thailand ) , rear fender / spetbor belakang ori second KLX 150 komplit dengan stop lamp muahal kalau yang ini cari second nya mana susah lagi ! , sementara lampu sein belanja secara terpisah 100ribuan / pcs
proses paling ribet & lama & juga memakan biaya paling banyak adalah rancang bangun Frame / rangka , body work & painting , dengan memotong total frame tulang belakang hingga tinggal rangka tengah pertemuan dengan engine mounting , rangka under bone di perkuat dengan pipa tambahan , awalnya mau di bikin frame model sport , tapi diperkirakan dengan hanya mengusung mesin yang kecil , diurungkan niat karena akan membuat bobot semakin berat!
shock telescopic depan dapat second ori Mega pro komplit dengan segitiga fork , tromol , disc brake & caliper-master brake , bagian yang oranye menyerupai teralis itu adalah pemanis kamuflase untuk menutup kekosongan pertemuan body dengan sayap shroud ! namun ada fungsinya yaitu ketika motor terjatuh frame segitiga oranye tersebut berfungsi menjadi frame slider melindungi body plastik
sementara saat Trial pertama , dirasakan sudut Rake kemudi terlalu selonjoran karena masih mempertahankan rumah komstir dengan posisi rangka bebek , agar serasi & nyaman saat bermanufer , maka rumah komstor akhirnya di potong dari rangka nya , kemudian di Las ulang dengan posisi sudut rake yang agak tegak ! , hasilnya semakin gagah & rebound suspensi depan semakin empuk , tabung telescopic di perpanjang sekitar 5cm dengan membuat tabung bubutan yang di sambung ke ulir
swing Arm hand made dengan material swing Arm original yamaha old Vega / force 1 , kemudian dibuatkan dudukan monoshock serta ditambah stabilizer penguat dengan pipa galvanis , wheel base swing arm aslinya juga diperpanjang agar muat dimasuki Ban ring 17 dengan profil lebar , mono shock menggunakan YSS , rebound nya mantaB
head lamp juga memakai KLX namun spull penerangan si karisma ini sudah agak soak jadi kalau Rpm rendah nyala lampu kurang terang , maka saya tambah 1 unit Luxeon 10 watt di sebelah spetbor depan , cukuop terang untuk riding malam hari , karet pelindung telescopic dipasang untuk melindungi dari debu & lumpur , cover telescopic putih juga sebagai pemanis , ban depan 90/80 -17 , ban belakang simpanan lama 120/70 – 17
velg masih mengandalkan barang simpanan lama , V rossi italy yang masih kokoh sampai sekarang dan sudah tidak beredar di pasaran oiya itu di sektor buntut ada handle grip yang mirip panggangan sate selain untuk mengankat body motor saat parkir juga bisa mengikat barang bawaan , hand made buatan purwakarta
tromol belakang bawaan ori karisma 125 yang di buatkan hub dudukan cakram serta disc original satria 120 R yang di baut ke tromol asli , kaliper & master dengan Nissin KW , cukup menggigit untuk sekedar hard brake !
knalpot menggunakan muffler simpanan lama saja daripada ga kepakai . Nob1 triovale dengan custom header pipe menyesuaikan konstruksi yang baru , awalnya header pipa mau di buat style cross melintang diatas block mesin , namun gagal karena mentok dengan dudukan kopling manual , yo wis ga apa apa lewat bawah crank case
ini dia daftar belanjaan tambahan hingga menyulap bebek menjadi supermoto
1.Ban 90/80 Rp 150.000,-
2.telescopic 2nd +tromoldisck brake set Rp.1000.000,-
3. jeruji + stel velg 1wheel Rp 70.000.-
4.spetbor KLX 2nd + stop lamp Rp 350.000,-
5.body KLX set + tangki & jok Rp 750.000,-
6.head lamp 2 x buy Rp 180.000,-
7.sein belakng KLX 1 pcs Rp 100.000,-
8.bracket hand grip belakang Rp 125.000,-
9.spetbor depan Rp 75.000,-
10.swing arm old yamaha Vega custom Rp 150.000,-
11. spion honda CS 1 Rp 75.000,-
12 mono shock YSS Rp 360.000,-
13.rumah kopling + kampas kopling Rp 430.000,-
14.luxeon Rp 200-220rb,-
15.karet shock Rp 70.000 ,-
16.cover shock Rp 50.000,-
17.footstep FU Rp80.000,-
18.footstep depan cross Rp 70.000,-
19.bubut perpanjang shock Rp.100.000,-
20.Rantai + gear sprocket Rp.140.000,-
21.kabel gas Win Rp.20.000,-
22.Filter koso Rp 150.000,-
23.As roda Vega Rp 35.000,-
24.bearing bearing roda Rp.60.000,-
25.Aki kering Rp.120.000,-
26. body work , welding & painting Rp.1.600.000,-
Total + ———————
Rp 6.530.000,-
oke sementara project restorasi si Riris supermoto menelan Biaya Rp 6.530.000,- hmmmmm puas sich daripada beli motor baru! ini itu tinggal tunjuk sesuai selera & kemauan hati , Pengen refresh tapi Ga pengen Motor baru ??? ikutan aja riwayat yang ditempuh si Riris
special thanks to the Builder & old comentator , kang ” Yahonsuwakanja”
salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum
0 komentar:
Posting Komentar