Sabtu Pekan Lalu, Saya mendapat telefon langsung dari Pak Jade, Ketua Ducati Desmo Owner Club Indonesia (DDOCI). Beliau Mengundang saya untuk menghadiri latihan resmi Klub Ducati ini di SirkuitInternasional SentulKamis Pekan ini. Beliau secara Khusus bilang kepada saya bahwa akan membawa serta satu Unit Ducati Superbike 999 Testastretta , Khusus Untuk di coba TMC Muter-muter sentul . . . Waaa, Pak Jade Baik Banget, mau meminjamkan motor yang pernah disegani di ajang WSBK. Mo Apalagi selain Mengiyakan Undangan Special ini. Sebagai EO acara adalah Satar Stoner, pemilik Blog Indobiker
Saya datang di TKP cukup early . .. Tapi di pelataran Parkir telah ada sebuah Mobil berjenis Van-Bak yang merupakan unit Ducati Transporter. Isi Baknya ada dua Motor Merah : Ducati SBK 999 Testastretta yang pernah 3 tahun berturut-turut (2004-2006) menjuarai Gelaran WSBK dengan 3 rider berbeda Neil Hodgson (2004), James Toseland (2005) dan Troy Baylis (2006) . ini kah Motor yang dijanjikan pak Jade untuk ku? ternyata Benar bro. Telah lebih pagi dari saya Pembalap berbakat Ducati Dhimas Ecky yang rencananya sekalian ikut Latihan. Lalu ada Ducati Monsterb dan ducati 996 . Lha Satar belom nongol
Bro Satar akhirnya Nongol . .. Tapi Ducati 848 Indobiker, SteetFighter dan Ducati 1098 nya Dhimas telad Dateng. Setelah semuanya Siap, mulai beriringan memasuki Arena sirkuit, TMC menggunakan Pant Komine with Knee slide, Helm AGV K3, Jacket Kulit dan Glove AHRS. Yang membuat saya lebih PD, memang ternyata seat Heightnya friendly banget sama postur tubuh saya. Nyalain Starter waaaa . . .suara mesinnya kalo yang biasa pasti bilang ini motor mesinnya Kasar banget he he he . . . Lha Iya bro orang mesin 999 ini termasuk varian Kopling kering he he he. Tapi tentu saja . . . Tetap mesin L Twin plus Desmodromic Valve actuated – Klepnya.
Dua lap Pertama Ibarat Penjajakan saya terhadap sosok ducati Superbike ini. Indobiker mengikuti dibelakang dengan 848 merahnya (kata Bro satar sih Racing Line ku sudah cukup baik he he he) . Impresi Pertama .. . Ini Motor Sangat Torque !! Ergonomi . . . Ya racing lah plus berat (kosongnya aja 200 kg) , tapi masih bisa saya atasi, selama kaki masih bisa napak . mengendarai Motor ini, Kita harus terbiasa menahan gaya reaksi setir saat melakukan Counter steering di tikungan. Walaupun sudah menggunakan steering damper, kita kudu siap-siap menjinakkan kemudinya . . kudu sering-sering latihan fisik bagian tangan semisal barbel githu.
Di Belokkan seperti pada hairpin S kecil dan S besar catatan speed saya sepertinya lebih pelan dibandingkan saat menggunakan CBR 600RR nya bang Bona pekan yang lalu . . . bener kata orang, Walaupun ini Motor 999 merupakan Motor ducati yang paleng deket feelingnya dengan motor jepang . . . tapi tetep sulit dijinakkan. Tapi Di Straight saya bisa lebih cepat dari saat menggunakan CBR 600 pekan kemarin . . . Top Speed di speedometer saaat ngacir di Lintasan Lurus dengan Ducati 999 seingat saya adalah 195 km/jam !! Menurut Pitcrew Ducati Racing team lap time saya berkisar 2 : 7 detik – 2 menit 13 detik. Wah kalo bener 2 menit 7 detik . .. udah improve 3 detik dongg dari pekan kemaren . . .lumayaaann
Saya Hanya satu Jam bercengkerama dengan Superbike Ducati 999 ini .. . Setelah beberapa lap . . . istirahat, perut mual euyyyy plus pusing . . . dehidrasi kali yah? Udah kayak Stoner musim 2009 xixixixixi Langsung Bilang sama ketua Kloter, Bro Satar untuk menyudahi karena nggak mau memaksa Fisik yang baru recovery ini. nah dari Acara test ride ini saya Yakin Bahwa Tubuh ini pun nggak siap untuk ikut test Ride Minerva R150VX Jakarta-Bandung . .. terimakasih Pak Jade, Satar Indobiker, Rekan-rekan DDOCI, dan Sirkuit Sentul . . . semoga bermanfaat
Taufik of BuitenZorg
sedikit spesifikasi Ducati 999
Type: L twin cylinder, 4 valve Testastretta Desmodromic, liquid cooled
Displacement: 998 cc
Bore and stroke: 100 x 63.5 mm
Compression Ratio: 11.4:1
Power: 103 kW – 140 HP @ 9750 rpm
Torque: 109 Nm – 11.1 Kgm @ 8000 rpm
Fuel injection : Marelli Electronic Fuel Injection, 54 mm throttle body
Exhaust: Single steel muffler, with catalytic converter
Emissions: Euro 2
Displacement: 998 cc
Bore and stroke: 100 x 63.5 mm
Compression Ratio: 11.4:1
Power: 103 kW – 140 HP @ 9750 rpm
Torque: 109 Nm – 11.1 Kgm @ 8000 rpm
Fuel injection : Marelli Electronic Fuel Injection, 54 mm throttle body
Exhaust: Single steel muffler, with catalytic converter
Emissions: Euro 2
0 komentar:
Posting Komentar